Deejayroom

The Best Deejay Music Blog and Live Streaming

Beberapa Teknik Dasar DJ yang Wajib di Ketahui

May 282017

Teknik teknik dasar DJ untuk pemula yang wajib kita ketahui yaitu:

1. Cueing
2. Beat Matching / Speed hunting
3. Mixing
4. Looping
5. Cutting

Mari Kita kupas habis satu persatu secara lengkap dan padu mengenai langkah dasar menjadi dj dan teknik pembelajaran dasar menjadi dj.

Cueing / Cue
Cueing / Cue adalah proses dimana kita menandai sebuah lagu untuk start point atau istilah gampangnya adalah membuat posisi untuk memulai play lagu. Pembuatan Cue ini bisa di awal lagu atau di bagian tengah lagu, tapi untuk yang paling dasar adalah di tandai di depan bagian lagu atau beat pertama pada lagu. tergantung dari kondisinya juga nya juga ya bro.

Beat Matching
Apakah itu Beat Matching??
Beat matching adalah proses dimana kita menyamakan ketukan lagu, tempo atau BPM lagu. Proses dari beat matching adalah menyelaraskan beat dari kedua lagu yang akan kita mix atau kita mainkan. Dengan menyamakan tempo dari kedua lagu tersebut maka hasil dari kedua lagu tersebut suaranya tidak ngeprak atau bledak bleduk bayangin saja lagi enak-enak dengerin dengerin lagu tiba-tiba ada suara aneh bledak bleduk dan tak tik tuk nga jelas.

Para pembaca setia jangan lupa untuk membaca artikel yang satu ini juga Belajar Teknik Dasar Menjadi DJ

Mixing
Teknik Mixing adalah dimana proses untuk mencampur kedua lagu, musik secara bersamaan agar enak dan nyaman di dengar, di dalam dunia DJ ini termasuk proses yang sangat penting dan ini adalah materi yang diajarkan di sekolah DJ. Beat matching dan mixing hampir sama perbedaannya adalah mixing lebih di tekankan pada proses untuk menyamakan equalizer yaitu LOW, MID, HIGH pada kedua lagu yang akan kita putar.

Looping / Loop
Looping yang berarti memutar lagu secara berulang-ulang berdasarkan ketukan contohnya 32 beat, 16 beat, 8 beat, 4 beat, 2 beat, 1 beat dan seterusnya.
Loop ini sebenarnya sangatlah jarang sekali di gunakan pada live djing tetapi tergantung kondisinya juga bro, dengan looping maka kita bisa membuat effect pada lagu dan membuat warna music dj itu sendiri. Terkadang juga bisa dibuat untuk mengulur waktu dalam proses beat matching. contoh kita pernah mendengar suatu lagu yang pada saat voice terjadi pengulangan yang berkali-kali

Cut yang artinya adalah memotong. Untuk penjelasan yang singkatnya adalah dalam proses mixing memotong ketukan, beat atau cut lagu sebelum habis dengan melihat timingnya yang tepat. Jadi tidak asal di potong ya lagunya bro. Kalau kita potong asal-asal hasilnya lagu tersebut pasti sangat tidak enak di dengar.

Contoh kita sedang dengar lagu enak-enak dan lagi nyanyi tiba-tiba di potong dan berganti ke lagu yang lainnya pasti para pendengar berteriak huuuuuuhhh gimana sih ini djnya.

Nah jadi kesimpulannya beberapa teknik dasar DJ diatas itu saling berkaitan dan paling banyak dipakai dalam live djing.

Mohon maaf untuk para DJ senior tidak untuk sok pandai hanya membantu untuk para pemula yang ingin belajar.

Comments

Atom

Powered by Veners.co