Deejayroom

The Best Deejay Music Blog and Live Streaming

Evolusi peralatan DJ dari tahun 70-an hingga sekarang, keren!

Jun 022017

Di era ini DJ atau Disk Jockey memang punya gengsi tersendiri di kalangan anak muda dan dunia hiburan. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, peralatan DJ pun semakin berevolusi. Kalau dulu kalian kenal dengan istilah Vinyl dan Turntables, generasi 90-an dengan sebutan CDJ dan bahkan CD pun sudah jarang digunakan lagi.

Nah dihimpun dari berbagai sumber, berikut adalah evolusi dari alat-alat yang digunakan para DJ untuk meramaikan pesta-pesta yang perlu kamu tahu. Dari tahun 70-an hingga sekarang. Seperti apa? Yuk simak di bawah ini

1. Tahun 1970-1980an – Vinyl and Turntable

Turntable adalah alat yang menjadi symbol perwakilan kalangan DJ. Penggunaan dua pemutar vinyl dan mixer sudah ada sejak istilah DJ popular. Bentuk Vinyl dan Turntable yang khas dan klasik masih menjadi ikon dunia DJ sampai saat ini.

Musik yang diputar biasanya bergenre Hip-hop hingga classic disco. Namun dengan banyaknya jumlah DJ yang menggunakan teknik scratching, turntable menjadi terkenal sebagai salah satu bentuk instrument perkusi untuk mengiringi para rapper bernyanyi.

2. Era 1990an dengan CDJ

Seiring berkembangnya teknologi, Turntable pun mulai berevolusi menjadi CDJ. Alat DJ ini mulai mengadopsi teknologi CD atau compact disc sebagai pengganti vinyl. Jadi para DJ sudah bisa ninggalin kebiasaan buat ngebawa vinyl dari klub satu ke klub yang lainnya. Dari CDJ ini, para DJ bisa mengakses cue point secara cepat dan memiliki lebih dari satu cue point. Jadi semuanya bisa lebih gampang dan lebih ringan tentunya.

3. Tahun 2000an – sekarang, DJ makin dimudahkan dengan adanya software-software, Digital Music, MP3, Traktor, and efek-efek lainnya.

Nah kalau kamu sadar nih, pola dari kemajuan teknologi di dunia saat ini memang bisa bikin segala sesuatu semakin mudah, semakin ringan atau kecil dan makin mudah diakses. Setelah teknologi mp3 ditemukan, para DJ pun beralih dan meninggalkan CD berganti dengan mp3.

Dikarenakan fenomena MP3 yang dipopulerkan oleh website seperti Napster, akhirnya para DJ semakin dimanjakan dengan kemudahan untuk mengakses lagu-lagu yang sudah mereka persiapkan.

Selain bentuk musik yang menjadi lebih canggih dengan software yang ada, para DJ pun mulai menggunakan segala jenis efek untuk menambahkan variasi dan meramaikan suara musik mereka.

Gimana? Keren kan bagaimana evolusi peralatan DJ? Kalau di Indonesia sendiri perkembangan dunia DJ ini juga pesat banget lho. Banyak DJ muda yang menelurkan karya-karyanya. Selain itu, video dari genre satu ini juga kian estetik dengan munculnya seni video mapping, seperti yang dilakukan oleh MOVE. Video MOVE bertajuk Keep on Movin ini menggunakan musik dari DJ Jevin Julian. Mau tahu kerennya video mapping dalam Keep on Movin?

 

Comments

Atom

Powered by Veners.co